Proteksi File dan Data Penting Anda

Posted: Januari 13, 2011 in Uncategorized

Jika anda mempunyai teman yang usil serta suka mengcopy paste apapun dari Komputer atau laptop anda tanpa ijin dan sepengetahuan anda, tentu tindakan tersebut sangat membuat anda jengkel. Apalagi bila data dan file yang sangat penting bahkan rahasia pun ikut dicopy – paste. Untuk mencegah hal tersebut, maka anda harus melakukan antisipasi dengan memproteksi seluruh data dan file yang ada pada komputer dan laptop anda. Ada dua cara untuk memproteksi data dan file pada komputer dan laptop anda :

1. Dengan menggunakan program, salah satunya seperti pengunci folder (folder lock), file anti copy, dll.

2. Tanpa menggunakan program, seperti membuat script dan mengedit registry pada windows anda. Nah, kali ini saya tidak menggunakan cara yang pertama melainkan dengan cara yang kedua yaitu dengan mengedit registry dan ini sangat membantu bagi anda yang sering kelupaan password. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

* Klik start cari menu Run lalu ketik regedit dan OK atau ENTER.

* Klik HKEY_LOCALMACHINESYSTEM => CurrentControlSet => Control.

* Sealanjutnya klik kanan pada Control dan buat “key” baru dengan nama StorageDevicePolicies (jika belum ada).

* Lalu klik kanan lagi pada StorageDevicePolicies pilih New => DWord Value dan beri nama WriteProtect.

* Lalu klik 2 kali pada WriteProtect tersebut, kemudian ganti value datanya menjadi 1 (satu).

* Terakhir Restart komputer atau laptop anda. Mulai sekarang apabila ada orang akan mengcopy – paste data atau file tanpa ijin dan sepengetahuan anda, maka pada layar monitor komputer atau laptop tersebut akan muncul tulisan “Error Copying File or Folder”.

Nb : Bila anda ingin mengembalikan kondisinya seperti semula maka anda tinggal mengganti value nya menjadi 0 (nol) dan jangan lupa “Restart”.  Selamat Mencoba 🙂

Tinggalkan komentar